Pembangkit Listrik Sederhana



Membuat Pembangkit Listrik Sederhana - Energi listrik merupakan kumpulan muatan-muatan listrik yang saling bersinergi membentuk sebuah kekuatan dan terus bergerak dari muatan negatif menuju muatan positif, aliran muatan listrik tersebut akan menghasilkan arus listrik dan selanjutnya akan menghasilkan energi listrik. Muatan ini terus mengalir dari muatan positif ke negatif, dengan kata lain arah gerak muatan berlawanan dengan arah gerak arus listrik. Energi yang tersimpan dalam arus listrik dengan satuan Ampere (A) dan tegangan listrik dengan satuan Volt (V) dengan ketentuan kebutuhan konsumsi daya listrik dengan satuan Watt (W) untuk menggerakkan motor, lampu penerangan, memanaskan, mendinginkan ataupun untuk menggerakkan kembali suatu peralatan mekanik untuk menghasilkan bentuk energi yang lain.


Energi yang dihasilkan dapat berasal dari berbagai sumber, seperti air, minyak, batu bara, angin, panas bumi, nuklir, matahari, dan lainnya. Energi ini besarnya dari beberapa Joule sampai ribuan hingga jutaan Joule.

Listrik merupakan hal mendasar dalam aktivitas kehidupan manusia, kita tidak bisa terlepas dari peran listrik. Listrik banyak digunakan di dalam kehidupan sehari-hari seperti, untuk menyalakan televisi, kulkas, laptop atau komputer dan alat elektronik lainnya. Selama ini, kita hanya menggunakan listrik tapi kita tidak pernah berpikir darimana listrik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari ini muncul? Nah, pada kesempatan kali ini kami ingin membahas tentang membuat pembangkit listrik sederhana. Alat dan bahan yang kami gunakan sangat mudah anda dapatkan.

 Hasil karya ini sangat cocok untuk diterapkan sebagai tugas siswa jika anda seorang guru IPA atau Fisika, karena pembangkit listrik sederhana ini salah satu bentuk penerapan konsep dari "Induksi Elektromagnetik" (Materi IPA kelas IX). Bahan yang kita gunakan untuk membuat pembangkit listrik sederhana ini adalah sebuah dinamo kecil dengan tegangan 12 volt. Dinamo kecil ini mudah anda dapatkan, biasanya terdapat pada mobil mainan anak-anak. Kenapa dinamo bisa menghasilkan energi listrik? Karena di dalam dinamo terdapat komponen yang terdiri dari magnet dan kumparan (lilitan kawat tembaga), magnet dan kumpara inilah sebagai sumber enrgi listrik ini uncul. Intraksi antara magnet dan kumparan akan menghasilkan GGL (Gaya Gerak Listrik), kemudian menghasilkan energi listrik dan bisa menyalakan sebuah lampu.

Alat dan bahan yang dibutuhkan dalam membuat pembangkit listrik sederhana ini adalah :

1.Papan/kayu
2.Kaset CD bekas 4 buah
3.Karet gelang 2 buah
4.Karet sandal bekas
5.Dinamo kecil 12 Volt
6.Kabel ukuran kecil
7.Lampu LED

Langkah  kerja pembuatan pembangkit listrik sederhana ini adalah :

1.Siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuatnya.
2.Potonglah papan sebagai tempat dudukan, sesuaikan ukuran menurut keinginan anda, jangan lupa anda buat juga tiang penyangga lingkaran pemutar dari kayu (untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada gambarnya.
3.Jika papan sebagai dudukan dan tiang penyangga sudah jadi, silahkan anda buat lingkaran pemutar yang terbuat dari 2 buah kaset CD bekas dan bagian dalamnya dibuat lingkaran dari karet sandal bekas, untuk lingkaran pemutar silahkan anda buat 2 buah, seperti yang namapak pada gambar.
4.Jika sudah jadi, silahkan anda pasang pemutar tersebut dengan paku
5.Kemudian pasangkan dinamo dan kabel yang menghubungkan ke lapu LED
6.Kemudian hubungkan pemutar 1 dengan yang ke-2 dengan karet gelang, jangan lupa hubungkan juga ke dinamo.
7.Jika sudah selesai akan tampak bentuknya.


Sekian dulu penjelasan tentang membuat pembangkit listrik, semoga apa yang sudah kami sampaikan bisa anda mengerti dan bisa anda terapkan.

Catatan :
Dinamo adalah salah satu alat yang bisa menghasilkan energi listrik, karena dinamo tersusun atas magnet dan kumparan sebagai komponen penyusunnya, interaksi antara magnet dan kumparan inilah yang akan menimbulkan GGL induksi dan menghasilkan energi listrik, percobaan ini pertama kali dilakukan oleh seorang ilmuan asal Inggris yaitu Michael Faraday.

http://crewjamal.blogspot.co.id/2016/02/membuat-pembangkit-listrik-sederhana.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses Pembekuan Darah

Model Rumah Minimalis

Struktur dan Fungsi Kulit Sebagai Sistem Ekskresi